Kodim0415

Jambi

Jadikan materi edukasi dan komsos ke warga, Babinsa Koramil 09/Tp, hadiri penyuluhan PTSL.

TELANAIPURA, kodim0415jambi.com – Proses panjang dan berbelit-belit seringkali dialami oleh sebagian warga ketika akan mengurus sertifikat atas hak tanah miliknya. Tidak jarang mereka harus menggelontorkan sejumlah uang dengan jumlah yang sangat fantastis untuk mendapatkannya.

Sertifikat tanah merupakan bukti kepemilikan dan hak seseorang atas tanah ataupun lahan. Sertifikat tanah yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) ini merupakan dokumen negara yang sangat penting, karena terkait dengan masalah legalitas serta tanda bukti kuat penguasaan lahan.

Guna menjadikan bahan materi edukasi dan pelaksanaan komsos ke warga di wilayah binaannya seputar sertifikat tanah, Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura Peltu Edi Candra, menghadiri kegiatan penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang diselenggarakan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) kota Jambi di kantor kelurahan Bagan Pete, Kecamatan Alam Barajo, Senin (21/03/2022).

PTSL adalah salah satu program pemerintah yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah secara mudah dan gratis. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yakni untuk menghindari sengketa serta perselisihan dikemudian hari. Sebagian orang sering menunda pembuatan sertifikat karena faktor biaya.

Menurut Peltu Candra, tidak jarang di wilayah ditemukan permasalahan sengketa penguasaan tanah hingga berujung saling klaim dan saling gugat. Dengan mengikuti penyuluhan seperti ini, setidaknya ada pemahaman materi sebagai bekal edukasi dan komsos ke warga.

“Pelaksanaan PTSL terbagi dalam beberapa tahapan, mulai dari tahap perencanaan, penyuluhan, pengukuran, pengumpulan data yuridis, pemeriksaan tanah, penyerahan sertifikat serta permasalahan pasca PTSL. Pada tahapan penyuluhan diharapkan bisa lebih maksimal agar mengedukasi para pemohon PTSL akan biaya yang harus dikeluarkan.” tutur Candra.

Pemerintah melalui kementrian ATR/BPN telah meluncurkan program prioritas nasional berupa percepatan PTSL, sebagai upaya penanggulangan atas permasalahan lambannya proses pembuatan sertifikat tanah selama ini.

Secara rinci, Candra sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah untuk memudahkan mendapatkan sertifikat tanah dan meminimalisir sengketa/ perseteruan serta saling gugat antar warga atas lahan.

Hal ini selaras dengan perilaku seorang anggota TNI yang tercantum dalam santiaji, 8 wajib TNI, poin ke-8 yakni menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, tutupnya.(Pendim)

Updated: March 22, 2022 — 6:52 am

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Website Resmi Kodim-0415-Jambi Kodim0415Jambi