Kodim0415

Jambi

Dandim 0415/Jambi Hadiri Sosialisasi UU RI no 23 tahun 2019 dan Sosialisasi Komponen Cadangan

JAMBI, kodim0415jambi.com – Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia mulai menggelar sosialisasi program Komponen Cadangan atau Komcad Matra Darat guna memperkuat kekuatan TNI dalam menjaga pertahanan Negara.

Hari ini Dirjen Potensi Pertahanan Kemhan RI yang diwakili oleh Aster Panglima TNI Mayjen TNI Sapriadi menggelar Sosialisasi Komcad di Makodam II/Swj yang dibuka langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi, Kamis (10/02/2022). Kegiatan ini juga diadakan secara Virtual serentak diikuti oleh seluruh Satuan jajaran Kodam II/Swj, dengan menghadirkan pejabat Pemerintah Daerah dan Kakan Kesbangpol, para Akademisi serta BUMN/BUMD/BUMS se Kabupaten/Kota, dengan narasumber Aster Panglima TNI dan Kasubdit Komcad Sdirjen Pothan Kemhan RI.

Pelaksanaan yang dilakukan secara virtual di wilayah Korem 042/Gapu diikuti oleh seluruh Komandan Kodim jajaran Korem 042/Gapu, hadir dalam kegiatan sosialisasi di Makorem 042/Gapu diantaranya adalah Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P., M.M, Dandim 0415/Jambi Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R., M.A, Kasipers Kasrem 042/Gapu Kolonel Arh Benny Febrianto, S.Sos, Kasiter Kasrem 042/Gapu Kolonel Arh Ibnu Sukelan, Pasiterdim 0415/Jambi Mayor Inf Beni, Staf Ahli Walikota Jambi bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Amirullah S.H, Wakil Rektor III Univ. Jambi yang diwakili oleh Kabag Kemahasiswaan UNJA Hj. Adrianati, SE, M.M, Kabid Bid. Konflik Kesbangpol Prov. Jambi H. Qamaruzaman serta dari BRI yang dihadiri oleh Sdr. Fardinal dan Sdri. Rokayah.

Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Agus Suhardi dalam sambutannya mengatakan, pembentukan Komponen Cadangan merupakan agenda pemerintah yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan Pertahanan Negara sesuai Program Kementerian Pertahanan RI dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang (PSDN) Pengelolaan Sumber Daya Nasional, bahwa pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) melalui komponen cadangan (Komcad). Program ini terbuka bagi Warga Negara Indonesia berusia 18-35 tahun yang ingin secara sukarela menjadi Tentara Cadangan. Keberadaan Komcad tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 sebagai peraturan pelaksanaannya.

Dirjen Potensi Pertahanan Kemhan RI dalam amanatnya yang dibacakan oleh Aster Panglima TNI Mayjen TNI Sapriadi, mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pangdam II/Swj beserta jajaran atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Aster Panglima TNI yang pernah menjabat sebagai Asops Kasdam II/Swj di tahun 2013, mengatakan bahwa pembentukan Komcad tidak terlepas dari rancangan pembangunan para pendiri bangsa, yaitu sistem pertahanan semesta yang tertuang dalam UUD 1945. Pasal 27 ayat (3) mengamanatkan bahwa “setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.” Dan Pasal 30 ayat (1) menegaskan bahwa “tiap-tiap warga ngara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara.”

Sementara itu, Dandim 0415/Jambi Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R., M.A, mengatakan, siap mendukung program Pemerintah dalam rangka rekrutmen Komcad di wilayahnya.

“Kodim 0415/Jambi akan bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan dan mensukseskan guna merealisasikan program tersebut, Kita ketahui bersama tadi sudah dipaparkan oleh Aster Panglima TNI maupun Kasubdit Komcad, bahwa wilayah Kodam II/Swj mendapat 500 orang Calon Komcad, namun Kami belum tahu, berapa peruntukannya untuk wilayah Korem 042/Gapu, termasuk untuk Putra/Putri yang berada di wilayah Kodim 0415/Jambi” tutur Kolonel Sriyanto. (Pendim)

Updated: February 9, 2022 — 7:08 am

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Website Resmi Kodim-0415-Jambi Kodim0415Jambi