Kodim0415

Jambi

Cegah meluasnya penyebaran covid-19, Babinsa Koramil 09/Tp melaksanakan tracing.

TELANAIPURA, kodim0415jambi.com – Sertu Herlan Kurniawan, Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura bersama petugas puskesmas Simpang IV Sipin, Lurah dan Bhabinkamtibmas, melakukan pelacakan kontak covid-19 (tracing) terhadap pasien terkonfirmasi covid-19 di RT. 11 Kel. Pematang Sulur Kec. Telanaipura, Selasa (01/02/2022).

Tracing atau pelacakan adalah bagian dari upaya 3T, melengkapi Testing dan Treatment, yang dilakukan sebagai bagian dalam membantu penanganan covid-19.

“Hari ini bersama petugas penanganan covid-19 Kelurahan Pematang Sulur, berhasil melakukan tracing terhadap orang-orang terdekat pasien yang terkonfirmasi covid-19. Kegiatan ini bertujuan agar virus covid-19 dapat terdeteksi dan tidak menyebar secara meluas.” ujar Herlan.

Tracing ini dimaksudkan sebagai proses mencari dan memantau pihak yang kontak dengan orang yang terinfeksi covid-19, bertujuan memutus rantai penularan covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

Kekhawatiran akan bahaya dan meluasnya penularan dan penyebaran covid-19 baru dirasakan kembali oleh masyarakat setelah kewaspadaan terhadap covid-19 relatif menurun. Masyarakat cenderung abai terhadap penerapan protokol kesehatan karena beranggapan bahwa covid-19 dapat cepat teratasi dengan upaya vaksin, tanpa melakukan kegiatan pencegahan dan pengamanan sebagai upaya pendukung yang sangat efektif.

Dalam melakukan pelacakan (tracing), seringkali petugas mengalami kesulitan karena baik pasien maupun orang-orang terdekat sangat tertutup dalam memberikan informasi terkait dengan covid-19.

Kegiatan pelacakan/tracing, penting untuk mengidentifikasi waktu dan tempat dari orang-orang yang berkontak dengan penderita covid-19 lalu menginformasikan orang-orang yang mungkin terpapar virus dan mengisolasi orang-orang yang terjangkit covid-19 untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

Petugas selalu memberikan paket obat-obatan saat melakukan tracing, sebagai bekal untuk melakukan isolasi secara mandiri sambil terus melakukan pemantauan hingga pasien yang terjangkit virus ataupun terkonfirmasi covid-19, sembuh total.

Pada intinya, kami petugas sangat proaktif mengantisipasi terhadap penyebaran dan penularan covid-19 dilingkungan kelurahan Pematang Sulur ini, karena kami sepakat berupaya menjadikan wilayah ini sebagai 0 (nol) penderita covid-19, dan menjadikan aktifitas masyarakat tidak terganggu dan berjalan sebagaimana mestinya, tutur Herlan.(Pendim)

Updated: February 2, 2022 — 6:28 am

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Website Resmi Kodim-0415-Jambi Kodim0415Jambi