Kodim0415

Jambi

Babinsa Koramil Telanaipura sosialisasikan pentingnya vaksinasi bagi kelompok usia 6-11 tahun.

TELANAIPURA, kodim0415jambi.com – Vaksinasi perdana bagi kelompok usia 6-11 tahun diluncurkan oleh Pemkot Jambi secara serentak dimulai pada hari ini, Senin (20/12/2021).

Berdasarkan hasil uji klinis dan pengkajian dengan teliti oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), bahwa vaksin yang diberikan pada anak usia 6-11 tahun sangatlah aman dan bermanfaat.

Pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok usia 6-11 tahun ini bukanlah akibat kekhawatiran ataupun kepanikan semata, akan tetapi pelaksanaan mengacu pada surat keputusan Menteri Kesehatan RI (KMK) Nomor HK. 01.07/MENKES/6688/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun, yang ditandatangani oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada 13 Desember 2021 silam.

Program vaksinasi pada rentang usia 6-11 tahun ini menggandeng juga kekuatan dari TNI baik tenaga kesehatan maupun Babinsanya. Mereka berperan sangatlah penting. Babinsa berperan mensosialisasikan kepada para orang tua tentang pentingnya vaksinasi bagi kelompok usia 6-11 tahun.

“Ya, Babinsa bertugas untuk mensosialisasikan kepada para orang tua akan pentingnya vaksin bagi anak usia 6-11 tahun.” ucap Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, SE.

Menurut Danramil, banyak para orang tua yang karena kawatir dan takut secara berlebihan tentang efek vaksin bagi anak-anak, memungkinkan mereka tidak mau memberi ijin kepada anak-anaknya untuk di vaksin. Padahal ijin sangatlah dibutuhkan sebagai syarat pelaksanaannya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pentingnya vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun, diantaranya
1. Kelompok usia tersebut harus belajar tatap muka, sehingga berisiko menularkan bagi diri sendiri, sesama murid, guru dan orang tua dirumah.

2. Mempertimbangkan kemungkinan rendahnya kepatuhan anak dalam memakai masker tidak longgar dan melorot, tidak berkerumun, menjaga jarak juga mencuci tangan.

3. Vaksin ini aman dan dapat merangsang kekebalan terhadap covid-19 pada kelompok umur tersebut.

Pemandangan berbeda terjadi hari ini, Senin (20/12/2021). Kerja keras Babinsa tampak membuahkan hasil. Antusias dan dukungan para orang tua kepada anaknya untuk mengikuti kegiatan vaksin di SDN 216 Kel. Kenali Asam Bawah Kec. Kotabaru, sangat luar biasa.

“Orang tua memiliki peran penting dalam menyukseskan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun, sehingga kegiatan ini bisa membantu mempercepat cakupan vaksinasi di kota Jambi.” ujar Danramil.

Babinsa akan terus diperintahkan setiap hari di wilayah binaannya untuk memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun ini, sehingga akan tumbuh kesadaran dan sikap legowo para orang tua untuk mengijinkan dan mendampingi anak- anaknya untuk divaksin, imbuhnya.(Pendim)

Updated: December 20, 2021 — 10:38 am

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Website Resmi Kodim-0415-Jambi Kodim0415Jambi