Kodim0415

Jambi

Danramil Danau Teluk Berikan Materi Pada Pendayagunaan Koramil Model.

DANAU TELUK, kodim0415jambi.com – Danramil 415-08/Danau Teluk Kodim 0415/Jambi Kapten Inf Ibnu Hajar memberikan materi kepada para peserta kegiatan pendayagunaan Koramil Model semester II TA. 2021 bertempat di Aula Makoramil 415-06/Pijoan,Sabtu (04/12/2021).

Pada kesempatan tersebut,Kapten Inf Ibnu Hajar menyampaikan pembahasan tentang sejarah pembinaan teritorial (Binter) serta perkembangan, ancaman dan tantangan nya sampai saat ini. Baik dibidang idiologi,politik,ekonomi, sosial budaya dan hankam.

Kegiatan dan peran Binter TNI AD dalam melaksanakan tugas pokok TNI AD pada Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OPSP),ungkap nya.

Selain itu juga, Kapten Inf Ibnu H menjelaskan bahwa sejarah Binter berawal dari strategi militer pada saat perang gerilya,yang kemudian menjadi bagian dari strategi pertahanan Nasional.

Dilihat dari perkembangan sejarah nya,Binter merupakan bagian dari proses Institusionalisasi dari strategi militer yang menempatkan perang gerilya sebagai strategi utamanya.

Proses Institusionalisasi perang gerilya yang bersifat tentatif ini sudah bergeser menjadi bagian yang permanen dari strategi pertahanan Nasioanal semenjak di adopsi dari doktrin Sishanta,jelas Danramil.

Pengadopsian doktrin Sishanta ini menjadikan Binter sebagai strategi pertahanan Matra darat, yang kemudian dikembangkan untuk mengantisifasi timbulnya permasalahan teritorial yang meliputi unsur Deo,gemo dan komsos.

Usaha dalam kegiatan antisifasi tersebut dilakukan dengan mengembangkan konsep Binter yang diarahkan,untuk memperoleh suatu kekuatan kewilayahan dimana geografi sebagai ruang juang,demograpi sebagai alat juang dan kondisi sosial sebagai kondisi juang yang tangguh bagi penyelanggaraan pertahanan Negara,Pungkas Kapten Inf Ibnu H.(Pendim).

Updated: December 6, 2021 — 7:07 am

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Website Resmi Kodim-0415-Jambi Kodim0415Jambi